Jumat, 25 Juni 2010

Berdoa di Waktu sepertiga Malam ..

Bila malam tiba saat nya kodok di kampung-Ku bertasbih dan saatnya seorang hamba untuk melaksanakan tahajud. Sholat Tahajud adalah sholat sunah yang memiliki keutamaan terbesar setelah sholat fardhu. Siapa saja yang memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala akan dikabulkanNya. Sholat tahajud merupakan sarana saat nya kita mengadu kepada sang khaliq . Ingatlah bahwa Allah selalu mendengar doa hamba-Nya di waktru sepertiga malam . Sepatutnya kita memohon petunjuk dengan Allah.

Sesungguhnya Allah Subhanahu wa Ta'ala sangatlah dekat dengan hamba-hamba Nya .

Allah Ta?ala berfirman pula:Dan apabila hamba-hamba-Ku bertanya kepadamu tentang Aku, maka (jawablah), bahwasannya Aku adalah dekat. Aku mengabulkan permohonan orang yang berdo?a apabila ia memohon kepadaKu.? (QS. Al-Baqarah: 186)

SYAIR

Janganlah kamu meminta kebutuhanmu pada manusia
Mintalah hanya kepada Dzat Yang pintu-pintunya tak pernah tertutup
Allah akan murka jika kamu tidak bermohon kepadanya
Sedang manusia akan murka jika kamu bermohon kepadanya

sudah seharusnya kita memohon kepada Allah Subhanahu Wa Ta'ala dan Selain itu kita harus berikhtiar dengan berusaha memperbaiki kehidupan kita dan memohon kepada Allah dengan melalui sholat tahajud akan semakin mendekatkan diri kita dengan Sang khaliq . Dengan penyerahan diri dan keikhlasan dalam menjalani hidup merupakan kekuatan yang hanya dimiliki oleh hamba-hamba yang dicintaiNya.

Dan juga, barangsiapa yang mencintai Allah Ta’ala maka rasa cintanya tersebut merupakan sebesar-besar hal yang mendekatkan dirinya kepada Allah. Karena sesungguhnya Alloh Subhanahu Wa Ta'ala Maha Mensyukuri, Dia membalas orang yang mendekatkan diri kepada-Nya lebih besar -dengan balasan yang belipat ganda- daripada yang dilakukan orang tersebut. Dan termasuk syukur Allah تعالى adalah : mempertemukannya dengan orang yang dicintainya, walaupun amalan orang yang mencintai itu sedikit.

Allah berfirman:“Barangsiapa menta’ati Allah dan Rasul, maka mereka bersama orang-orang yang telah Allah beri nikmat kepada mereka dari para Nabi, para orang yang Shiddiq, para Syuhada’ dan orang-orang shalih, dan mereka adalah sebaik-baik teman.” [QS an-Nisa : 69]

Allah Subhanahu Wa Ta'ala senantiasa memuji bagi hamba-hambaNya yang memohon kepadaNya agar diberikan jalan hidup yang baik . Mohonlah apa yang menjadi niat dan keinginan kita. Sholat Tahajud menjadi sebuah sarana yang efektif karena mengandung banyak keutamaan dihadapan Allah. Termasuk memohon agar diberikan kemudahan dalam jalani hidup yang baik dan keluarga yang menenteramkan hati kita.

'Ya Tuhan kami, anugerahkanlah kepada kami pasangan kami dan keturunan kami sebagai menyenangkan hati kami dan jadikanlah kami pemimpin bagi orang-orang yang bertaqwa. (QS. al-Furqan : 74).

Ya Allah, perbaikilah agamaku yang merupakan urusan pokokku, perbaikilah duniaku yang di dalamnya terdapat kehidupanku, perbaikilah akhiratku yang ke sanalah tempat kembaliku. Jadikanlah kehidupan ini tambahan bagiku dalam setiap kebaikan dan (jadikanlah) kematian itu istirahat bagiku dari setiap keburukan." (HR. Muslim)

Ya Allah, aku mengharapkan rahmatMu, maka janganlah Kau pasrahkan (urusan)ku pada diriku sendiri walau sekejap mata. Dan perbaikilah urusanku semuanya. Tidak ada sesembahan yang haq melainkan Engkau." (HR. Abu Daud dengan sanad shahih)


Wassalam,

Cairo-AlexandriA : Egypt 2-Mei -2008

Tidak ada komentar:

Posting Komentar